Educationesia - Pengertian atau definisi manajemen pendidikan pada mulanya belum dapat dikatakan
sebagai teori karena teori harus terdiri atas konsep-konsep yang secara
sistematis dapat menjelaskan dan meramalkan apa yang akan terjadi dan
membuktikan ramalan itu berdasarkan penelitian. Setelah beberapa zaman
dipelajari, manajemen terutama menejemen pendidikan telah memenuhi persyaratan
sebagai bidang pengetahuan yang secara sistematis berusaha memahami mengapa dan
bagaimana orang-orang bekerja sama. Untuk memperluas pemahaman tentang pengertian
manajemen pendidikan berikut ini dikemukakan beberapa batasan atau definisi manajemen
pendidikan yaitu:
Hadar Nawawi (1989:11) : manajemen pendidikan
adalah serangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha
kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara terencana dan
sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa
lembaga pendidikan formal
Engkoswara, manajemen pendidikan adalah ilmu yang
mempelajari penataan sumberdaya yaitu manusia, kurikulum, sumber belajar dan
fasilitas untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal dan penciptaan
suasana yang baik bagi manusia yang turut serta dalam mencapai tujuan
pendidikan yang telah disepakati.
Ngalim purwanto (1984:14), manajemen
pendidikan adalah suatu proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam bidang
pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengerahan, pelaporan,
pengkoordinasian, pengawasan dan pembiayaan dengan menggunakan atau
memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik personel, materiil, maupun spiritual
untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.
Dari berbagai definisi tersebut diatas menurut
saiful sagala (2008:39) bahwa manajemen pendidikan adalah segenap
proses pengerahan dan pengintegrasian segala sesuatu atau potensi dalam suatu
aktivitas kelembagaan, baik personal, spiritual, dan material, yang
bersangkutan dengan pencapaian tujuan pendidikan.