Educationesia - Analisis data kualitatif biasa digunakan oleh para peneliti maupun mahasiswa. Salah
satu syarat kelulusan sarjana adalah menyelesaikan sebuah karya ilmiah, pada
tulisan terdahulu tentang jenis-jenis penelitian berdasarkan pendekatannya salah
satu pointnya yaitu penelitian kualitatif. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan
tentang contoh analisis data bagaimana cara menginterpretasikan data penelitian
dengan pisau analisis deskriptif kualitatif dengan
pola pendekatan induktif. Perlu anda ketahui bahwa contoh yang akan
penulis coba hadirkan disini adalah skripsi pribadi penulis beberapa tahun yang
lalu sebagai salah satu syarat program kelulusan sarjana di Univ. Muh Surakarta
dengan tema Manajemen Mutu Pendidikan yang dibimbing oleh Dr. Abdullah Ally, M,Ag
beliau sekarang menjabat sebagai direktur P3AI Penjaminan Mutu bidang
Contemporer Education di UMS.
Berdasarkan
hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan pada Bab III,
ada beberapa hal yang perlu dianalisis berdasarkan rumusan masalah, yakni
mengenai perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi peningkatan mutu. Untuk
menganalisis data tersebut ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan yaitu
penggolongan, penyaringan kemudian penyimpulan dari data-data yang diterima. Analisis dilakukan dengan cara analisis deskriptif
kualitatif dengan pola pendekatan induktif. Analisis ini berdasarkan pada data-data
yang telah diuraikan pada Bab III dan menggunakan teori-teori yang telah
dibahas pada Bab II. Adapun
tujuan dilakukan analisis terhadap data hasil penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan keadaan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi
Pada
tutorial ini penulis menganjurkan kepada anda untuk mencermati kalimat-kalimat
yang penulis beri warna merah sebagai sebuah pisau analisis dimana pada
akhirnya akan menghasilkan sebuah kesimpulan. Oke langsung saja gak usah pusing
apalagi bingung, silahkan anda cermati kutipan sebagian dari alenia Bab IV
skripsi penulis sebagai berikut:
Kegiatan perencanaan
Manajemen peningkatan Mutu Berbasis Sekolah SMP Muhammadiyah 7 Surakarta melibatkan
berbagai unsur sekolah diantaranya Drs. Heru Sutanto, SE selaku kepala
sekolah, seksi kurikulum (Heri Sugianto, S.Pd), seksi kesiswaan (Bambang CH,
S.Pd), seksi sarpras (Zaenal, S.Pd), seksi TU (Suyatno, S.Pd), komite sekolah
yang diwakili Drs. Sajidan, M.Pd dan Osis SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Bafadal dan telah
dikutip pada Bab II halaman 33, mengatakan Manajemen Berbasis Sekolah dapat diartikan sebagai keseluruhan proses pendayagunaan keseluruhan
komponen pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang diupayakan
sendiri oleh kepala sekolah bersama semua pihak yang terkait atau
berkepentingan dengan kepentingan mutu pendidikan.
Sebagaimana data yang telah dipaparkan dalam Bab III
halaman 51, proses perencanaan peningkatan mutu berbasis sekolah dilaksanakan pada tahun ajaran 2006/2007 yang
diadakan di gedung pertemuan sekolah. Kepala sekolah mensosialisasikan konsep MPMBS kepada setiap
unsur sekolah yakni wakil kepala sekolah, guru, tata usaha, karyawan, orang tua
siswa, masyarakat dan pejabat dinas pendidikan setempat Terkait dengan kegiatan
sosialisasi, proses sosialisasi dilakukan pertama kali kepada unsur sekolah dengan
mekanisme rapat koordinasi, upacara bendera dan pengumuman sekolah yang
dipimpin langsung oleh Drs. Heru Sutanto selaku kepala sekolah. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam buku pedoman MPMBS dan
telah dikutip dalam Bab II halaman 37, bahwa langkah pertama yang harus
dilakukan sekolah adalah mensosialisasikan konsep MPMBS kepada setiap unsur
sekolah yakni guru, siswa, karyawan orang tua, komite sekolah maupun dinas
pendidikan. Proses sosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai mekanisme,
misalnya seminar, lokakarya, diskusi, rapat kerja, simposium, forum ilmiah, dan
media masa.
Dua
buah alinea di atas merupakan contoh teknik interpretasi data seperti penulis
jelaskan pada postingan cara analisis dan interpretasi data point ke empat
yaitu menghubungkan hasil-hasil analisis dengan
teori-teori pada bab sebelumnya. Untuk selanjutnya silahkan kembangkan sendiri sesuai
kondisi penelitian masing-masing. Saya sangat menganjurkan anda untuk
menggunakan kelima teknik interpretasi data sebagaimana yang telah saya
jelaskan sebelumnya.
Sekian dan semoga
bermanfaat
0 comments:
Post a Comment