Educationesia - Analisis data kualitatif biasa digunakan oleh para peneliti maupun mahasiswa. Salah satu syarat kelulusan sarjana adalah menyelesaikan sebuah karya ilmiah, pada tulisan terdahulu tentang jenis-jenis penelitian berdasarkan pendekatannya salah satu pointnya yaitu penelitian kualitatif.  Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh analisis data bagaimana cara menginterpretasikan data penelitian dengan pisau analisis deskriptif kualitatif dengan pola pendekatan induktif. Perlu anda ketahui bahwa contoh yang akan penulis coba hadirkan disini adalah skripsi pribadi penulis beberapa tahun yang lalu sebagai salah satu syarat program kelulusan sarjana di Univ. Muh Surakarta dengan tema Manajemen Mutu Pendidikan yang dibimbing oleh Dr. Abdullah Ally, M,Ag beliau sekarang menjabat sebagai direktur P3AI Penjaminan Mutu bidang Contemporer Education di UMS.


Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan pada Bab III, ada beberapa hal yang perlu dianalisis berdasarkan rumusan masalah, yakni mengenai perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi peningkatan mutu. Untuk menganalisis data tersebut ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan yaitu penggolongan, penyaringan kemudian penyimpulan dari data-data yang diterima. Analisis dilakukan dengan cara analisis deskriptif kualitatif dengan pola pendekatan induktif. Analisis ini berdasarkan pada data-data yang telah diuraikan pada Bab III dan menggunakan teori-teori yang telah dibahas pada Bab II. Adapun tujuan dilakukan analisis terhadap data hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keadaan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi

Pada tutorial ini penulis menganjurkan kepada anda untuk mencermati kalimat-kalimat yang penulis beri warna merah sebagai sebuah pisau analisis dimana pada akhirnya akan menghasilkan sebuah kesimpulan. Oke langsung saja gak usah pusing apalagi bingung, silahkan anda cermati kutipan sebagian dari alenia Bab IV skripsi penulis sebagai berikut:

Kegiatan perencanaan Manajemen peningkatan Mutu Berbasis Sekolah SMP Muhammadiyah 7 Surakarta melibatkan berbagai unsur sekolah diantaranya Drs. Heru Sutanto, SE selaku kepala sekolah, seksi kurikulum (Heri Sugianto, S.Pd), seksi kesiswaan (Bambang CH, S.Pd), seksi sarpras (Zaenal, S.Pd), seksi TU (Suyatno, S.Pd), komite sekolah yang diwakili Drs. Sajidan, M.Pd dan Osis SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Bafadal dan telah dikutip pada Bab II halaman 33, mengatakan Manajemen Berbasis Sekolah dapat diartikan  sebagai keseluruhan proses pendayagunaan keseluruhan komponen pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang diupayakan sendiri oleh kepala sekolah bersama semua pihak yang terkait atau berkepentingan dengan kepentingan mutu pendidikan.
Sebagaimana data yang telah dipaparkan dalam Bab III halaman 51, proses perencanaan peningkatan mutu berbasis sekolah dilaksanakan pada tahun ajaran 2006/2007 yang diadakan di gedung pertemuan sekolah. Kepala sekolah  mensosialisasikan konsep MPMBS kepada setiap unsur sekolah yakni wakil kepala sekolah, guru, tata usaha, karyawan, orang tua siswa, masyarakat dan pejabat dinas pendidikan setempat Terkait dengan kegiatan sosialisasi, proses sosialisasi dilakukan pertama kali kepada unsur sekolah dengan mekanisme rapat koordinasi, upacara bendera dan pengumuman sekolah yang dipimpin langsung oleh Drs. Heru Sutanto selaku kepala sekolah. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam buku pedoman MPMBS dan telah dikutip dalam Bab II halaman 37, bahwa langkah pertama yang harus dilakukan sekolah adalah mensosialisasikan konsep MPMBS kepada setiap unsur sekolah yakni guru, siswa, karyawan orang tua, komite sekolah maupun dinas pendidikan. Proses sosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai mekanisme, misalnya seminar, lokakarya, diskusi, rapat kerja, simposium, forum ilmiah, dan media masa.

Dua buah alinea di atas merupakan contoh teknik interpretasi data seperti penulis jelaskan pada postingan cara analisis dan interpretasi data point ke empat yaitu menghubungkan hasil-hasil analisis dengan teori-teori pada bab sebelumnya. Untuk selanjutnya silahkan kembangkan sendiri sesuai kondisi penelitian masing-masing. Saya sangat menganjurkan anda untuk menggunakan kelima teknik interpretasi data sebagaimana yang telah saya jelaskan sebelumnya.

Sekian dan semoga bermanfaat



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

0 comments:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine