Educationesia - Pengertian
mengenai manajemen mutu pendidikan mengandung makna yang berlainan. Namun, perlu ada
suatu pengertian yang operasional sebagi suatu pedoman dalam pengelolaan
pendidikan untuk sampai pada pengertian mutu pendidikan, kita lihat terlebih dahulu
pengertian mutu menurut para pakar.
Secara
umum mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari barang atau jasa
yang menunjukkan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang diharapkan atau
yang tersirat. Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia ; “Mutu adalah ukuran baik buruk suatu benda, keadaan, taraf
atau derajad (kepandaian, kecerdasan, dan sebagainya)”.
Armai
Arief (2005 : 21) mendefinisikan mutu ialah usaha yang dilakukan oleh sesorang,
institusi, atau organisasi dalam upaya menyempurnakan suatu produk, agar produk
itu bernilai fungsional dan efisien. Jadi, mutu merupakan orientasi utama suatu
produk, sejauh mana suatu produk memenuhi kriteria, standar atau rujukan.
Pengertian
lain disampaikan oleh Edward Sallis dimana kualitas atau mutu dapat dilihat
juga dari konsep secara absolut dan relative. Dalam konsep absolut sesuatu
(barang) disebut berkualitas bila memenuhi standar tertinggi dan sempurna.
Artinya, barang tersebut sudah tidak ada yang melebihi. Sedangkan, dalam konsep
relatif, kualitas berarti memenuhi spesifikasi yang ditetapkan dan sesuai
dengan tujuan (fit for their purpose).
Kualitas dalam konsep relatif berhubungan dengan produsen, maka kualitas
berarti sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan pelanggan (Penerj. Ali Riyadi
, 2006 : 51-57)
Korelasi
antara mutu dengan pendidikan dapat dilihat dalam dua hal, yakni mengacu pada
proses pendidikan dan hasil pendidikan. Proses pendidikan yang bermutu apabila
seluruh komponen pendidikan terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri.
Faktor-faktor dalam proses pendidikan adalah berbagai input, seperti bahan
ajar, metodologi, saran sekolah, dukungan administrasi dan sarana prasarana dan
sumber daya lainnya serta penciptaan suasana kondusif. Sedangkan, mutu
pendidikan dalam konteks hasil pendidikan mengacu pada prestasi yang dicapai
oleh sekolah pada setiap kurun waktu tertentu (Suryosubroto, 2004 : 210-211).
Dari
penjelasan di atas dalam konteks postingan kali ini mutu pendidikan dapat
diartikan sebagai kemampuan sekolah memberikan layanan kependidikan dalam
rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan mencakup input, proses dan output pendidikan
Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat disini
Untuk informasi lebih lanjut silahkan lihat disini
0 comments:
Post a Comment