Jurnal Penelitian Pendidikan

Educationesia - Membuat jurnal penelitian pendidikan bukanlah sesuatu hal yang mudah, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Membuat jurnal pendidikan yang baik harus memperhatikan kaedah-kaedah penulisan diantaranya sebuah jurnal harus memiliki judul yang jelas. Dengan memiliki judul yang jelas pembaca akan lebih mudah mengetahui inti dari jurnal tersebut. Selain judul sebuah jurnal pendidikan harus disertai juga dengan Abstrak, dalam hal ini abstrak berbeda dengan ringkasan. Bagian abstrak jurnal penelitian pendidikan memiliki fungsi mencerna secara singkat isi dari keseluruhan karya tersebut. Disini abstrak juga berfungsi sebagai penjelas tanpa mengacu pada jurnal. Bagian abstrak hanya menyajikan kurang lebih 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil dan kesimpulan. Dalam menulis jurnal penelitian diharamkan menggunakan singkatan atau kutipan. Cara termudah untuk menulis abstrak yaitu dengan mengutip poin yang paling penting pada setiap bab jurnal tersebut. Kemudian menggunakan point tadi untuk menyusun sebuah deskripsi singkat tentang studi yang kita lakukan.

Langkah selanjutnya dalam membuat jurnal yaitu menulis pendahuluan yang berisi pernyataan dari kasus pendidikan yang anda selidiki, memberikan informasi kepada pembaca untuk lebih memahami tujuan spesifik dalam kerangka teoritis yang lebih luas. Bagian pendahuluan mencakup informasi tentang latar belakang masalah. Perlu diingat bahwa dalam membuat pendahuluan diharapkan jangan terlalu luas. Selanjutnya yaitu menentukan bahan dan metode, bagian ini menjelaskan saat penelitian telah dilakukan. Peneliti menjelaskan desain percobaan, peralatan, metode pengumpulan data dan jenis pengendalian. Aturan umum yang perlu aturan umum yang perlu diingat adalah bagian ini harus memaparkan secara rinci dan jelas sehingga pembaca memiliki pengetahuan dan teknik dasar agar bisa diduplikasikan

Hasil dan Pembahasan
Berkaitan dengan hasil, peneliti menyajikan data yang ringkas dengan tinjauan menggunakan teks naratif, tabel, atau gambar. Ingat hanya hasil yang disajikan, tidak ada interpretasi data atau kesimpulan dari data dalam bagian ini. Data yang dikumpulkan dalam tabel/gambar harus dilengkapi teks naratif dan disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti. Jangan ulangi secara panjang lebar data yang telah disajikan dalam tabel dan gambar. Pada bagian pembahasan, peneliti menafsirkan data dengan pola yang diamati. Setiap hubungan antar variabel percobaan yang penting dan setiap korelasi antara variabel dapat dilihat jelas. Peneliti harus menyertakan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan setiap percobaan terkait dilakukan oleh peneliti lain. Ingat bahwa setiap percobaan tidak selalu harus menunjukkan perbedaan besar atau kecenderungan untuk menjadi penting. Hasil yang negatif juga perlu dijelaskan dan mungkin merupakan sesuatu yang penting untuk diubah dalam penelitian Anda.

Kesimpulan dan Daftar Pustaka
Bagian ini hanya menyatakan bahwa peneliti berpikir mengenai setiap data yang disajikan berhubungan kembali pada pertanyaan yang dinyatakan dalam pendahuluan. Dengan mengacu pada bagian pendahuluan dan kesimpulan, seorang pembaca harus memiliki ide yang baik dari penelitian ini, meski pun hanya rincian spesifik. Semua informasi (kutipan) yang didapat peneliti harus ditulis sesuai abjad pada bagian ini. Hal tersebut berguna untuk pembaca yang ingin merujuk pada literatur asli. Perhatikan bahwa referensi yang dikutip benar-benar disebutkan pada jurnal Anda.

Buat sahabat educationesia yang sedang mencari jurnal penelitian pendidikan buat referensi silahkan kunjungi tautan berikut ini: Jurnal Pendidikan

Note: untuk melihat jurnal secara keseluruhan anda tinggal klik format Fulltext Pdf



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

0 comments:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine