Educationesia - Dalam dunia pendidikan proses pembelajaran merupakan hal yang sangat inti, karena hal ini menyangkut output yang dihasilkan nantinya.  Namun dalam proses pembelajaran terdapat beberapa kemiriban makna, sehingga yang konon guru memegang sertifikat pendidik professional pun masih kebingungan membedakan beberapa istilah tersebut. Istilah-istilah tersebut yakni : pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran. Simpelnya pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran (tidak menutup kemungkinan berasal sudut pandang aliran/teori belajar). Secara umum menurut teori kuliah dulu dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: student centered approach dan teacher centered approach dari sini sudah paham kan? Ok dilanjut ya. Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan tadi selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. 

Ilustrasi Model Pembelajaran

Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam enam bagian, yaitu: Contextual Teaching Learning, Role Playing, Participative Teaching and Learning, Mastery Learning, Modular Instruction, dan inqury. Sedangkan ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Dalam hal ini strategi pembelajaran masih bersifat konseptual dan untuk mengimplementasikannya masih memerlukan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” Jadi, metode pembelajaran dapat diterjemahkan sebagai suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah disusun dalam bentuk kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam dunia pendidikan dikenal beberapa metode pembelajaran, diantaranya yaitu:  strategi ceramah, demonstrasi,diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat, dan sebagainya.

Kesimpulannya dari keseluruhan proses di atas jika terangkai menjadi satu kesatuan utuh maka terbentuklah istilah apa yang biasa kita sebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru (ahmadsudrajat.wordpress, 12 september 2008). 

Sebagai akhir dari pembahasan artikel ini kita sebagai seorang pendidik hendaknya dapat secara kreatif mencoba dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri sesuai dengan kondisi nyata di kelas masing-masing, sehingga pada akhirnya akan memunculkan model-model pembelajaran baru, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran dalam dunia pendidikan kita.



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

0 comments:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine