Educationesia - Dalam dunia pendidikan proses pembelajaran merupakan hal yang
sangat inti, karena hal ini menyangkut output yang dihasilkan nantinya. Namun dalam proses pembelajaran terdapat
beberapa kemiriban makna, sehingga yang konon guru memegang sertifikat pendidik
professional pun masih kebingungan membedakan beberapa istilah tersebut.
Istilah-istilah tersebut yakni : pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik
dan model pembelajaran. Simpelnya pendekatan pembelajaran dapat diartikan
sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran (tidak
menutup kemungkinan berasal sudut pandang aliran/teori belajar). Secara umum
menurut teori kuliah dulu dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua
jenis pendekatan, yaitu: student centered approach dan
teacher centered approach dari sini sudah paham kan? Ok dilanjut ya. Dari pendekatan pembelajaran yang
telah ditetapkan tadi selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.
Ilustrasi Model Pembelajaran |
Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke
dalam enam bagian, yaitu: Contextual Teaching Learning,
Role Playing, Participative Teaching and Learning,
Mastery Learning, Modular Instruction, dan inqury. Sedangkan ditinjau dari cara penyajian dan cara
pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi
pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif. Dalam hal ini strategi
pembelajaran masih bersifat konseptual dan untuk mengimplementasikannya masih
memerlukan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi
merupakan “a plan of operation achieving something”
sedangkan metode adalah “a way in achieving something”
Jadi, metode
pembelajaran dapat diterjemahkan
sebagai suatu cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang telah
disusun dalam bentuk kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam
dunia pendidikan dikenal beberapa metode pembelajaran, diantaranya yaitu: strategi ceramah, demonstrasi,diskusi,
simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat, dan sebagainya.
Kesimpulannya dari keseluruhan proses di atas jika terangkai
menjadi satu kesatuan utuh maka terbentuklah istilah apa yang biasa kita sebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya
merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang
disajikan secara khas oleh guru (ahmadsudrajat.wordpress, 12 september 2008).
Sebagai akhir dari pembahasan artikel ini kita sebagai seorang pendidik hendaknya dapat secara kreatif mencoba dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri sesuai dengan kondisi nyata di kelas masing-masing, sehingga pada akhirnya akan memunculkan model-model pembelajaran baru, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran dalam dunia pendidikan kita.
Sebagai akhir dari pembahasan artikel ini kita sebagai seorang pendidik hendaknya dapat secara kreatif mencoba dan mengembangkan model pembelajaran tersendiri sesuai dengan kondisi nyata di kelas masing-masing, sehingga pada akhirnya akan memunculkan model-model pembelajaran baru, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model pembelajaran dalam dunia pendidikan kita.
0 comments:
Post a Comment