Memahami Tujuan Supervisi Pendidikan

Dari pembahasan supervisi pendidikan pada posting sebelumnya maka dapat ditegaskan bahwa tujuan supervise pendidikan antara lain adalah (1) membantu guru-guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar, (2) membantu guru-guru menterjemahkan kurikulum kedalam bahasa belajar mengajar dan (3) membantu guru-guru mengembangkan staf sekolah. 

Photo By calstate.fullerton.edu
Secara umum tujuan supervisi pendidikan membantu guru melihat tujuan pendidikan, membimbing pengalaman belajar mengajar, menggunakan sumber belajar, menggunakan metode mengajar, memenuhi kebutuhan belajar murid, menilai kemajuan belajar murid,  membina moral kerja, menyesuaikan diri dengan masyarakat dan membina sekolah. Adapun tujuan supervisi pendidikan menurut Peter F. Oliva (1894) adalah: (1) membantu guru dalam mengembangkan proses kegiatan belajar mengajar: (2) membantu guru dalam menterjemahkan dan mengembangkan kurikulum dalam proses belajar mengajar: dan (3) membantu guru dalam mengembangkan staf sekolah.

Jadi dapat ditegaskan bahwa tujuan supervisi menurut Saiful Sagala (2008:236) adalah untuk meningkatkan situasi dan proses belajar mengajar berada dalam rangka tujuan pendidikan nasional dengan membantu guru-guru untuk lebih memahami mutu pertumbuhan, dan peranan sekolah untuk mencapai tujuan dimaksud. Secara umum tujuan supervisi dapat dirumuskan adalah "untuk membantu guru meningkatkan kemarnpuannya agar menjadi guru yang lebih baik dalam melaksanakan pengajaran". Supervisi pendidikan memiliki dua karekter sebagai berikut yaitu: (1) bersifat terapan; dan (2) melibatkan aktivitas manusia dengan menempatkan keperluan yang unik pada inquiri dan pengembangan atau preskripsi bagi praktek supervisi.



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine