Tahukah anda bahwa anak-anak jatuh cinta pada orang tuanya? mereka memuja dan menjadikan orang tua sebagai idola. Para psikolog menyebutnya dengan istilah "ikatan batin". Istilah tersebut dipopulerkan pertama kali pada tahun 1950-an oleh psikiater dari inggris, John Bowlby, dan menjadi salah satu topik dari teori perkembangan manusia yang masih terus dipelajari. Ikatan batin yang terjalin antara orang tua dengan anak begitu penting artinya dalam perkembangan anak. Kasih orang tua kepada anak berperan besar untuk membantu perkembangan buah hatinya terutama secara mental dan emosional. Buah hati kita adalah seorang pemain amatir dalam hal emosi. Pada awal perkembangannya, si kecil pasti mengalami kesulitan untuk memahami dan mengelola emosi, baik emosi yang dirasakan diri sendiri maupun orang lain. Buah hati kita harus terlebih dahulu mampu memahami dan mengelola emosinya sendiri dalam bentuk mengekspresikan perasaanya sebelum mampu menjadi individu yang memahami emosi orang lain.
Photo By cesarastudillo
Kasih sayang orang tua dalam hal ini membantu mencerdaskan emosi anak karena kasih sayang seperti halnya batu landasan bangunan emosi dalam jiwa anak. Dengan memperoleh kasih sayang, perasaan terlindung dan penerimaan maka buah hati kita akan bertumbuh dengan stabil dan memiliki keberaniaan membuka diri ke luar pada orang lain. Seorang anak yang tumbuh tanpa kasih sayang orang tua atau yang mengasuhnya, biasanya akanmengalami ketidakstabilan emosi dan menghadapi permasalahan berkaitan dengan identitas diri, penerimaan diri, maupun penerimaan terhadap orang lain. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa ketidakstabilan dalam keluarga juga berpengaruh dalam pertumbuhan anak secara fisik.

Seperti halnya buah hati kita memerlukan makanan dan minuman bagi kebutuhan fisiknya, kasih sayang orang tua mutlak diperlukan. Namun, kasih sayang pun masih perlu diimbangi dengan pola asug yang cerdas untuk membantu anak tumbuh sebagai individu yang bukan hanya "cerdas otak" tapi juga "cerdas emosi"
======
Daftar Pustaka
Kak Seto.2004. Membantu Anak  Balita Mengelola Amarahnya.Erlangga: Jakarta



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine