Educationesia - Sebelum membahas lebih jauh
tentang pengertian penelitian pendidikan, pertanyaan awal yang perlu diajukan,
pada pembahasan ini adalah apakah penelitian itu? Penelitian dapat
dilakukan dengan baik terhadap ilmu manapun, termasuk terhadap praktik
pendidikan. Penelitian dalam bidang
pendidikan banyak yang lebih diarahkan
pada aplikasi dari konsep dan teori. Penelitian yang demikian, dikelompokkan sebagai penelitian terapan atau applied
research. Sedangkan penelitian yang diarahkan untuk menguji konsep, asumsi, dan
proposisi, penelitian tersebut dikategorikan sebagai penelitian dasar.
Penelitian bidang pendidikan tersebut
dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif maupun kuantitatif.
Apakah Penelitian itu?
Penelitian pada hakikatnya
merupakan suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran
suatu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah. Para pakar
mengemukakan pendapat yang berbeda dalam
merumuskan batasan penelitian atau penyelidikan terhadap suatu masalah, baik sebagai
usaha mencari kebenaran melalui pendekatan
ilmiah. Secara umum, penelitian diartikan sebagai suatu proses
pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk
mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data menggunakan
metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif dan kualitatif,
eksperimental atau noneksperimental, interaktif atau noninteraktif.
Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif, melalui berbagai uji
coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku.
Dalam dunia pendidikan, dengan
penelitian bisa membawa pengertian yang semakin baik terhadap perilaku orang
perseorangan, termasuk subyek didik atau
pendidik, proses belajar mengajar serta
situasi atau kondisi yang bisa membuat lebih berhasilnya proses
pendidikan. Pada ilmu-ilmu tingkah laku, penelitian mengarah pada pengembangan
dan pengujian teori-teori tingkah laku. Pemahaman terhadap tingkah laku peserta
didik maupun pendidik semakin diperlukan
dari hasil-hasil penelitian dalam bidang
pendidikan, baik dari segi ilmu maupun prakteknya. Pada umumnya penelitian–penelitian pendidikan
tergolong penelitian jenis terapan guna mengembangkan generalisasi-generalisasi
yang berkenaan dengan proses belajar mengajar dan bahan-bahan mengajar. Karena
itu, penelitian pendidikan memberikan perhatiannya pada pengembangan dan pengujian terori-teori
tentang bagaimana peserta didik (pelajar, mahasiswa) berperilaku dalam seting pendidikan.
Berangkat dari hakikat penelitian yang dikemukakan di atas, dapat dikemukakan
pengertian penelitian pendidikan adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang
berguna dan dapat dipertanggungjawabkan dalam upaya memahami proses kependidikan dalam lingkungan pendidikan melalui pendekatan
ilmiah, baik di lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal maupun pendidikan
nonformal. Menemukan prinsip-prinsip umum atau penafsiran tingkah laku yang
dapat dipakai untuk menerangkan, meramalkan, dan mengendalikan kejadian-kejadian
dalam lingkungan pendidikan merupakan tujuan dari suatu kerja penelitian penedidikan.
0 comments:
Post a Comment