Postingan blog pertama ini saya awali dengan sebuah diskusi tentang konsep dasar teori pengkondisian kelas, dimana saya anggap rekan-rekan sudah mengetahui apa itu istilah "stimulus" dan "respon" sehingga saya tidak perlu lagi bersusah payah menjelaksan mulai dari awal tentang kedua istilah tersebut.

Pengondisian kelas merujuk pada pengetahuan dimana sebuah perilaku yang semula mengikuti sebuah peristiwa diminta untuk mengikuti peristiwa lain yang berbeda, dengan kata lain pengondisian kelas adalah dimana sebuah respon yang semula mengikuti sebuah stimulus diminta untuk mengikuti stimulus lain yang berbeda. Eksperimen pengondisian kelas pada awalnya dimulai dari hubungan refleks yaitu stimulus dan respon yang muncul bersama semata-mata oleh sifat bagaimana manusia dibentuk secara fisik, mata yang berkedip terkadang merupakan respon refleks terhadap stimulus hembusan udara, seorang anak menutup telinga seketika setelah melihat kilatan petir. Melalui teori pengondisian kelas ini, Ivan Pavlov menunjukkan kepada kita bagaimana respon-respon tersebut bisa diminta untuk mengikuti stimulus non-refleks.

Percobaan awal teori pengondisian kelas adalah ketika melihat makanan (stimulus yang tidak terkondisi), seekor anjing yang lapar bisa dipastikan akan mengeluarkan air liur, jika makanan tersebut secara-berulang-ulang dihadirkan bersamaan dengan sebuah peristiwa netral (stimulus yang terkondisi) maka pada akhirnya peristiwa netral tersebut akan menyebabkan anjing mengeluarkan air liur. Dalam salah satu eksperimen awal ini, Pavlov menggunakan sebuah lonceng sebagai peristiwa netral, setelah berulang-ulang menyandingkan bunyi lonceng dengan makanan, ia berhasil membuat anjing yang lapar dapat mengeluarkan air liur hanya dengan membunyikan sebuah lonceng.

Kesimpulannya adalah kekuatan dari hubungan antara pengondisian stimulus dan resapon akan bergantung pada seberapa sering stimulus yang terkondisi tersebut dipasangkan dengan stimulus yang tidak terkondisi (makanan) dari seberapa dekat keduanya dihadirkan selama proses pengondisian.



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine