Meskipun secara garis besar memiliki kesamaan, tetapi ada beberapa variasi langkah-langkah pelaksanaan penelitian tindakan yakni sebagai berikut:

Identifikasi Bidang Fokus Masalah
Kegiatan diawali dengan langkah mengidentifikasi bidang focus masalah yang akan diteliti dan dikembangkan. Dalam pendidikan dan kurikulum, bidang masalah dipilih adalah yang paling besar sumbangannya terhadap mutu hasil pendidikan khususnya mutu kemmpuan dan pribadi siswa. Sedangkan dalam pembelajaran juga masih bias diidentifikasi dan dipilih beberapa fokus seperti pembelajaran, inkuiri, pemecahan masalah, konstektual, eksperiensial,. Pemilihan fokus masalah atau kegiatan yang dipilih didasarkan atas urgensi dan manfaatnya, apakah fokus tersebut cukup urgen diteliti dan diperbaiki, dan bermanfaatkah bagi peningkatan mutupendidikan.

Pengumpulan Data
Langkah kedua adalah mengumpulkan data berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan yang menjadi fokus masalah, umpamanya pelaksanaan metode pembelajaran pemecahan masalah dalam mata pelajaran IPS. Dalam langkah ini guru mengidentifikasi, menghimpun dokumen-dokumen, mengingat-ingat kegiatan pembelajaran serta hasil pembelajaran yang berkenaan dengan topik. Dalam tahap ini jangan lupa untuk melihat kembali fokus masalah, sebab kalau dari data-data yang dihimpun ternyata pelaksanaanya sudah baik dan hasilnya juga sudah baik, mungkin fokus masalahnya harus ganti.

Analisis Dan Interpretasi Data
Data dianalisis secara kualitatif, dalam arti diuraikan, dibandingkan, dikategorikan, disintesiskan, lalu disusun atau diurutkan secara sistematis. Hasil analisis diinterpretasikan dalam arti diberi makna tunggal atau sendiri-sendiri, gabungan, hubungan antar komponen atau aspek, maupun makna inferensial yang lebih abstrak dan umum. Langkah-langkah kegiatan penelitian tindakan bersifat spiral atau suatu lingkaran terbuka. Kegiatannya berulang tetapi dalam lingkup yang lebih luas. Langkah-langkah inipun ini bersifat dialektik, kegiatan dalam suatu langkah dilihat, dihubungkan, atau diberi masukan oleh langkah lainnya. Dalam spiral ini, tahap pengumpulan data merupakan kegiatan yang cukup penting.



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine