Educationesia - Riset mengenai kepemimpinan sekolah tidak mengungkapkan satu sifat tunggal yang dimilikis semua pemimpin yang berhasil, tetapi sejumlah cirri yang umum dimiliki oleh banyak diantara mereka telah didefinisikan. Syaiful Sagala (2008:149) mengemukakan bahwa kepemimpinan yang baik dicirikan oleh sifat-sifat : (1) manusiawi, (2) memandang jauh kedepan,(3) inspiratif, (4) percaya diri. Pemimpin yang manusiawi cukup penting, karena jika para guru di sekolah diperlakukan tidak manusiawi, maka kepala sekolah tersebut akan mendapat perlawanan.  Bentuk perlawanan yang paling sederhana adalah para guru tersebut tidak melaksanakan tugas professional dengan baik. Mereka datang ke sekolah hanya memenuhi jadwal yang sudah ditentukan.

Photo By Leaderphrase
Pemimpin yang tidak mempunyai visi misi sekaligus tidak percaya diri, dipastikan lembaga yang dipimpinnya tidak akan kompetitif dengan sekolah lainnya. Sekolah yang dipimpinnya hanya bergerak dalam kegiatan yang bersifat rutin. Lembaga pendidikan yang baik akan selalu memiliki pemimpin yang baik pula yaitu pemimpin yang visioner. Selanjutnya perlu ditekankan pada fokus manajemen didasarkan pada lembaga yang bersangkutan, konsensus yang kuat terhadap tujuan yang jelas dan dapat diharapkan, penggunaan waktu yang efektif, dukungan pemerintah daerah, hubungan perencanaan, sikap kolegalitas, dan komitmen organisasi yang tinggi.

Calder (1977) menyebutkan: “ ……leadership traits cannot be developed that a person is a good or bad leader because others say so” . Ciri kepemimpinan tidak dapat diubah, bahkan tidak ada kaitannya dengan upaya manajemen strategik. Cirri-ciri tertentu sebagai pemimpin memang harus dimiliki, karena: (1) seorang manajer yang tidak memiliki perhatian tentang produksi akan mengalami kesulitan untuk memimpin bagaimana memproduksi, dan (2) manajer tidak memiliki perhatian terhadap hubungan kemanusiaan akan mengalami kesulitan untuk memimpin dengan penuh kesuksesan, sementara itu, pendapat Fiedler menyebutkan hubungan-hubungan dalam kepemimpinan, yaitu (1) hubungan pemimpin anggota, (2) struktur tugas, (3) hubungan pemimpin-posisi kekuasaan. Kepemimpinan yang efektif biasanya ditopang oleh ciri-ciri kepemimpinan yang lengkap.



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine