Educationesia - Riset mengenai kepemimpinan sekolah tidak mengungkapkan satu sifat tunggal yang dimilikis semua pemimpin yang berhasil, tetapi sejumlah cirri yang umum dimiliki oleh banyak diantara mereka telah didefinisikan. Syaiful Sagala (2008:149) mengemukakan bahwa kepemimpinan yang baik dicirikan oleh sifat-sifat : (1) manusiawi, (2) memandang jauh kedepan,(3) inspiratif, (4) percaya diri. Pemimpin yang manusiawi cukup penting, karena jika para guru di sekolah diperlakukan tidak manusiawi, maka kepala sekolah tersebut akan mendapat perlawanan. Bentuk perlawanan yang paling sederhana adalah para guru tersebut tidak melaksanakan tugas professional dengan baik. Mereka datang ke sekolah hanya memenuhi jadwal yang sudah ditentukan.
Photo By Leaderphrase |
Calder (1977) menyebutkan: “ ……leadership traits cannot be developed that a person is a good or bad leader because others say so” . Ciri kepemimpinan tidak dapat diubah, bahkan tidak ada kaitannya dengan upaya manajemen strategik. Cirri-ciri tertentu sebagai pemimpin memang harus dimiliki, karena: (1) seorang manajer yang tidak memiliki perhatian tentang produksi akan mengalami kesulitan untuk memimpin bagaimana memproduksi, dan (2) manajer tidak memiliki perhatian terhadap hubungan kemanusiaan akan mengalami kesulitan untuk memimpin dengan penuh kesuksesan, sementara itu, pendapat Fiedler menyebutkan hubungan-hubungan dalam kepemimpinan, yaitu (1) hubungan pemimpin anggota, (2) struktur tugas, (3) hubungan pemimpin-posisi kekuasaan. Kepemimpinan yang efektif biasanya ditopang oleh ciri-ciri kepemimpinan yang lengkap.