Cara Membuat Penelitian

Educationesia – Berangkat dari ide di kelas beberapa waktu lalu, penulis menoca menghadirkan pembahasan cara membuat penelitian yang baik. Sebuah penelitian dapat dikatan baik apabila memenuhi unsur-unsur sebagai karya tulis ilmiah diantaranya memuat pendahuluan, latar belakang, metode, hipotesis dan sebagainya. Hal pertama yang perlu anda ketahui dalam membuat penelitian yaitu paham apa itu proposal. Menurut buku yang saya pelajari proposal adalah sebuah rencana tertulis yang dapat menuntun peneliti dalam keseluruhan proses penelitian. Cara membuat penelitian pun tidak mudah, dalam hal ini diperlukan banyak latihan dan kemampuan. Latihan dan kemampuan apa saja yang diperlukan dalam sebuah penelitian? Silahkan simak pembahasan berikut:


Pertama; kita harus banyak-banyak membaca proposal orang lain, Kedua; perbanyak telaah kepustakaan atau studi literatur. Telaah kepustakaan disini bisa anda dapatkan dari buku maupun hasil penelitian terdahulu yang sesuai dengan tema penelitian yang akan anda kerjakan. Ketiga; banyak pelajari tentang metodologi penelitian, Keempat; penguasaan bahasa, perbanyaklah membaca buku agar menambah perbendahaan kata, kalu perlu catat dalam sebuah kertas kata-kata yang berbau ilmiah yang sering muncul dalam sebuah penelitian. Kelima; asah kemampuan berfikir logis anda baik cara penalaran deduktif maupun induktif.

Sebelum melangkah lebih jauh, pikirkan juga tujuan apa yang hendak anda capai dalam melakukan studi penelitian tersebut. Apakah hanya sekedar sebagai tujuan penugasan kampus/sekolah, tujuan kreativitas, pemecahan masalah atau yang lainnya. Dalam praktiknya jelas sekali bahwa setiap orang memiliki tujuan melakukan penelitian berbeda-beda tergantung niat dan tujuan tersebut. Selesai memahami kemampuan dan latihan apa saja yang diperlukan dalam membuat penelitian seperti telah saya uraikan secara singkat diatas langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan yakni memahami bagaimana cara membuat proposal yang baik. Silahkan anda lakukan pencarian baik di internat maupun di perpusakaan terdekat.

Demikianlah cara sepintas tips membuat penelitian, Anda perlu memahami bahwa mengetahui hal-hal teoritis seperti di atas belum merupakan jaminan bahwa anda dengan sendirinya akan menjadi peneliti yang handal, Tidak, sekali lagi tidak! Cara yang terbaik untuk mempelajari cara membuat penelitian adalah dengan jalan  praktik langsung. Semoga bermanfaat…



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

0 comments:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine