Educationesia - Penelitian
tentang pendidikan adalah seni dan ilmu (art and science) guna mencari jawaban terhadap
suatu permasalahan pendidikan. Penelitian tentang pendidikan, umumnya tergolong
penelitian jenis terapan yang digunakan untuk mengembangkan generalisasi-generalisasi
yang berkenaan dengan proses belajar mengajar dan bahan-bahan mengajar yang
memberikan perhatiannya pada pengembangan dan pengujian terori-teori tentang
bagaimana pelajar (peserta didik) berperilaku dalam seting pendidikan, baik di
lingkungan pendidikan formal, pendidikan informal maupun pendidikan
nonformal. Ada dua pendekatan penelitian
yang biasa dipakai dalam penelitin, yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan
kualitatif bersandar pada pandangan positivis. Sedangkan pendekatan kualitatif
bersandar pada pandangan fenomenologis.
Penemuan dari hasil kerja penelitian berupa temuan sesuatu yang memang
sebetulnya sudah ada disebut discovery. Sedangkan
penelitian hasil penelitian yang betul-betul baru dengan dukungan fakta disebut
invention.
Beberapa alasan yang melatarbelakangi
penelitian itu perlu dilakukan, yaitu: (1) Kesadaran keterbatasan pengetahuan, pemahaman, dan
kemampuan (2) Pemenuhan rasa ingin tahu;
(3) Pemecahan masalah; dan (4)
Pemenuhan pengembangan diri. Pada dasarnya terdapat tiga langkah utama dalam suatu kerja penelitian, yaitu:
1 Kegiatan pembuatan rancangan
penelitian,
2 Pelaksanaan penelitian, dan
3 Pembuatan laporan penelitian.
Dari kegiatan tersebut dirinci
menjadi langkah-langkah penelitian atau prosedur penelitian ilmiah, yaitu: (1)
Memilih masalah; (2) Studi pendahuluan; (3) Merumuskan masalah; (4) Merumuskan
anggapan dasar dan hipotesis; (5) Memilih pendekatan; (6) Menentukan variabel dan
sumber data; (7) Menentukan dan menyusun instrumen; (8) Mengumpulkan data; (9)
Analisis data; (10) Menarik kesimpulan;
dan (11) Menyusun laporan. Usaha manusia belajar menguasai ilmu pengetahuan
bersumber dari: (1) Pengalaman, (2)
Otoritas, (3) Cara berpikir deduktif, (4) Cara berpikir induktif, dan (5)
Pendekatan ilmiah.
Secara umum penelitian pendidikan
mempunyai dua fungsi utama, yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan
memperbaiki praktek pendidikan. Dari fungsi utama tersebut dapat dijabarkan
lagi berdasarkan jenis-jenis penelitian, yaitu: fungsi penelitian berdasarkan jenis penelitian dibedakan tiga
jenis atau macam penelitian, yaitu penelitian dasar atau basic research, penelitian terapan atau applied research dan penelitian evaluatif
atau evaluative research. Dan fungsi penelitian berdasarkan tujuan
penelitian, dibedakan antara penelitian deskriptif, prediktif, improftif, dan
eksplanatif. Penelitian pendidikan tersebut menekankan sekitar masalah
pendidikan, baik yang mencakup guru, siswa, kurikulum, sistem pengajaran,
manajeman, dan hubungan lembaga dengan masyarakat dan lain-lain. Ubahan didalam
istilah penelitian disebut variabel. Variabel adalah gejala yang sedang
diteliti. Variabel atau ubahan adalah simbol yang digunakan untuk mentransfer gejala
kedalam data penelitian.
Biasanya variabel muncul pada
tingkat intensitas yang berbeda sehingga variabel itu adalah variabel
lebel. Ada beberapa variabel yang biasa
digunakan dalam suatu penelitian, yaitu: variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel bebas (independent variable) adalah variabel yang memberi pengaruh
atau diuji pengaruhnya terhadap variabel lain, disebut juga variabel perlakuan, variabel eksperimen atau variabel
intervensi. Variabel terikat (dependent variable) adalah variabel yang
dipengaruhi oleh variabel bebas, disebut juga variabel hasil, variabel pos tes
atau variabel kriteria. Dalam suatu penelitian juga biasa dijumpai variabel
ekstranus dan variabel penyela. Variabel ekstranus (extraneous variabel) dan
variabel penyela (intervening variable). Variabel ekstranus adalah
variabel-variabel yang apabila tidak dikontrol akan berpengaruh terhadap
variabel terikat. Sedangkan variabel penyela adalah variabel yang kemungkinan
besar berpengaruh terhadap hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat
tetapi sulit untuk dikontrol.
Sumber
Sumber
0 comments:
Post a Comment