Educationesia – Metode penelitian pendidikan pada dasarnya merupakan suatu
pencaraian, menghimpun data, mengadakan pengukuran, analisis, sintesis,
membandingkan, mencari hubungan, menafsirkan hal-hal yang bersifat teka-teki. Banyak
jenis pencaraian yang dapat dilakukan berdasarkan pendekatannya dibedakan
antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, berdasarkan sifatnya
dibedakan antara penelitian dasar, terapan dan evaluative, sedangkan
berdasarkan fungsinya dibedakan antara penelitian deskriptif, prediktif,
improftif dan prediktif. Kegiatan pencaraian ini bisa juga dibedakan berdasarkan
cara atau metode pencariannya. Atau metode penelitian. Metode penelitian merupakan
rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan penelitian yang didasari oleh
asumsi-asumsi dasar, pandangan-pandangan filosofis, dan ideologis, pertanyaan
dan isu-isu yang dihadapi
Metode Penelitian Pendidikan |
Suatu
metode penelitian memiliki rancangan penelitian tertentu. Rancangan ini
menggambarkan prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu
penelitian, sumber data dan kondisi arti apa data dikumpulkan, dan dengan cara
bagaimana data tersebut dihimpun dan diolah. Tujuan rancangan penelitian adalah
melalui penggunaan metode penelitian yang tepat, dirancang kegiatan yang dapat
memberikan jawaban yang diteliti terhadap pertanyaan-pertanyaan penelitian. Banyak
metode penelitian atau model rancangan penelitian yang bisa digunakan dalam
penelitian bidang pendidikan.
McMillan
dan Schumacher (2001) memulai dengan membedakan antara pendekatan kuantitatif
dan kualitatif. Dalam pendekatan kuantitatif dibedakan pula antara
metode-metode penelitian eksperimental dan noneksperimental. Dalam penelitian
kualitatif dibedakan antara interaktif dan non interaktif. Secara lengkap
pengelompokan metode dan pendekatan penelitian pendidikan dapat dilihat pada
tabel di atas.
0 comments:
Post a Comment