Educationesia
– Pada postingan kali ini akan dijelaskan tentang definisi penelitian
pendidikan. Sebelum membahas tentang penelitian pendidikan dikemukakan terlebih
dahulu apa itu penelitian. Secara umum penelitian diartikan sebagai suatu
proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis
untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data
menggunakan metode-metode ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif maupun
kualitatif, eksperimental atau noneksperimental, interaktif atau noninteraktif.
Metode-metode tersebut telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai uji
coba sehingga telah memiliki prosedur yang baku. Metode penelitian adakalanya
juga disebut metodologi penelitian, dalam makna yang lebih luas bisa berarti
desain atau rancangan penelitian. Rancangan ini berisi rumusan tentang objek
atau subjek yang akan diteliti, teknik-teknik pengumpulan data, prosedur
pengumpulan dan analisis data berkenaan dengan focus masalah tertentu.
Sedangkan
pendidikan dalam perspektif kebijakan, kita telah memiliki rumusan formal
dan operasional, sebagaimana termaktub
dalam UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, yakni: pendidikan adalah usaha
sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak
mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan
negara. Dilihat dari ruang lingkup, pendidikan dapat digolongkan yakni
interaksi pendidikan, tujuan pendidikan, lingkungan pendidikan, pergaulan
pendidikan, landasan psikologis pendidikan, kurikulum, pengajaran, bimbingan
dan penyuluhan.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa definisi penelitian pendidikan adalah
suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan
logis untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian yang dilakukan baik terhadap
ilmu maupun terhadap praktik pendidikan. Penelitian dalam bidang pendidikan
lebih diarahkan pada aplikasi dari teori dan konsep pendidikan.
0 comments:
Post a Comment