Kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor stimulasi. Nah senam otak ini membantu meningkatkan kecerdasan anak melalui berbagai stimulasi gerakan.  Gerakan-gerakan senam ringan yang dilakukan melalui olah tangan dan kaki, dapat memberikan rangsangan atau stimulus ke otak. Stimulus itulah yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti kewaspadaan, konsentrasi, kecepatan, dalam proses belajar, memori, pemecahan masalah dan kreativitas. Untuk anak sekolah, senam otak ini mampu membuatnya lebih siap menerima pelajaran yang akan diajarkan, lebih bersemangat dan ceria dalam mengikuti setiap pelajaran. Selain itu senam otak sangat berguna dengan alasan sebagai berikut:

1.    Membantu mengatasi kesulitan belajar
2.    Mengurasi stress
3.    Memaksimalkan bagian-bagian otak yang kurang berfungsi
4.    Membantu mengembalikan kepercayaan diri

Masih ingat, bahwa otak kita mengatur semua organ tubuh kita secara silang. artinya; otak kanan akan mengatur bagian tubuh bagian kiri dan otak kiri akan mengatur bagian tubuh sebelah kanan. Nah, cara bernafas juga berpengaruh dalam mengatur bagian otak yang sedang bekerja sehingga dapat dimanfaatkan dalam penerapan senam otak dalam kelas. Ketika kita menutup lubang hidung bagian kiri, kemudian menghela nafas panjang, tahan kemudian keluarkan artinya kamu sedang memberikan oksigen pada otak bagian kanan. sehingga otak bagian kanan akan memiliki energi yang cukup untuk mendominasi kerja. atau bahkan, dengan supply oksigen yang cukup maka otak kanan akan bekerja secara optimal. Dan sebaliknya, ketika kamu menutup lubang hidung bagian kanan, kemudian menghela nafas panjang, tahan kemudian keluarkan artinya kamu sedang memberikan oksigen pada otak bagian kiri sehingga otak bagian kanan akan memberikan cukup energi untuk bekerja.

Kreatifitas otak kanan saya ketika menulis artikel ini tiba-tiba muncul yakni berkaitan dengan penerapan senam otak disekolah, sebagai ilustrasi saya jelaskan sebagai berikut: ketika seorang guru akan mengajar matematika, tentunya mereka ingin otak kiri siswa membantu tugas ini dan bekerja secara optimal bukan? artinya seorang siswa harus memberikan energi kepada otak bagian kiri ini untuk dapat beroperasi dengan baik.  Caranya, tutup lubang hidung bagian kanan dan mulailah menghirup oksigen dalam-dalam, tahan dan keluarkan secara perlahan dan lakukan secara berulang-ulang. Hal ini dapat mengaktifkan otak bagian kiri siswa dan menjadikannya optimal, serta memberikan tanda kepada otak bagian kanan untuk beristirahat sejenak ketika otak kiri akan bekerja. Dan untuk pelajaran yang berkaiatan dengan seni, kreatifitas, intuisi dll seorang guru dapat melakukan hal yang sebaliknya.

Dan sudah saatnya dunia pendidikan kita diwarnai dengan ilmu-ilmu yang bermanfaat seperti ini, diantaranya adalah penerapan senam otak sebelum dimulainya pelajaran (selain penggunaan bahasa asing sebagai pengantar pelajaran).

Well....bagaimana menurut anda?



Jika tulisan di atas tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, silahkan lakukan pencarian pada kolom dibawah ini:

Copyright © 2012 - Educationesia - is proudly powered by Blogger
is originaly created by Design Disease brought to you by Smashing Magazine