Memiliki kejelasan tentang arah sekolah
sangatlah penting dalam membangun sebuah sekolah yang sukses. Semakin jelas anda
dengan arah sekolah anda, maka anda kepala sekolah dengan kapasitas sebagai
entrepreneur akan menjadi semakin sukses.
Beberapa pertanyaan di bawah ini akan
membantu Anda sebagai kepala sekolah untuk mempunyai kejelasan arah sekolah
Anda serta memudahkan Anda untuk mengambil keputusan yang terbaik untuk sekolah
Anda.
Mengapa
pelanggan membeli produk atau jasa Anda?
Apa nilai (value) yang mereka cari? Apa
manfaat yang mereka ingin nikmati? Apa perubahan atau peningkatan dalam
kehidupan yang mereka cari? Apa alasan yang sesungguhnya seorang wali murid
memasukkan anaknya kesekolah Anda dan bukan memikirkan atau menundanya terlebih
dahulu? Apa yang Anda berikan berbeda? Mengapa wali murid masih mempercayakan
kepada sekolah anda untuk pendidikan anaknya?
Apa
keunggulan kompetitif Anda?
Keunggulan kompetitif adalah
keunggulan-keunggulan, manfaat-manfaat,benefit yang Anda berikan kepada
pelanggan Anda, yang tidak diberikan oleh pesaing Anda, yang juga di sebut
dengan “keahlian” atau “keunikan”. Apa USP (Unique Selling Proposition) Anda,
yaitu sesuatu yang Anda lakukan yang benar-benar memberikan benefit pada
pelanggan-pelanggan Anda dan tidak ada individu atau sekolah lain lain yang
menawarkan hal yang sama? Bagaimana Anda memposisikan produk atau jasa Anda di
pasar untuk menekankan Area Keunggulan dan USP Anda? Hal-hal apa yang
benar-benar diingini pelanggan, yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan
dari pelanggan hingga pelanggan akan rela membayar lebih untuk mendapatkannya?
Bila Anda belum memiliki keunggulan
kompetitif, mulailah membuatnya dari sekarang. Di masa yang akan datang bila
bisnis berjalan seperti sekarang apa yang menjadi keunggulan kompetitif Anda?
Bila bisnis Anda mengalami perubahan atau mengalami peningkatan, apa yang akan
menjadi keunggulan kompetitif Anda? Keunggulan kompetitif apa yang akan Anda
buat agar menjadi yang terbaik di bidang Anda?
Siapa
pesaing Anda?
Apa keunggulan, manfaat, atau keuntungan yang
didapat pelanggan Anda ketika membeli dari pesaing yang tidak dapat Anda
berikan kepada pelanggan Anda? Hal yang terpenting adalah apa atau tindakan apa
yang dapat Anda kerjakan untuk menyetarakan atau melebihi (mengungguli) pesaing
Anda? Hal apa yang dapat Anda buat agar pelanggan tahu bahwa Anda lebih unggul
dari para pesaing dan agar mereka mulai membeli dari Anda? Bila Anda
memenangkan hati dan melekatkan bisnis Anda pada pikiran pelanggan, hal inilah
yang dapat membuat bisnis Anda tumbuh dan menjadi terbaik di bidang Anda.
Apa
penghalang yang menahan Anda?
Jika sasaran Anda adalah meningkatkan
penjualan dan keuntungan dua kali lipat dalam dua atau tiga tahun ke depan, hal
apa yang menghalangi Anda sehingga Anda tidak dapat mencapainya? Mengapa
penjualan Anda belum juga meningkat dua kali lipat? Hal-hal apa yang seharusnya
sudah Anda lakukan agar dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan? Hal-hal
apa yang seharusnya Anda pelajari untuk mendukung pencapaian tersebut? Kepada
siapa Anda harus bertanya? Kapan waktu yang tepat untuk memulainya?
Kecepatan Anda dalam mencapai suatu sasaran
kadang dihalangi oleh satu atau lebih hambatan. Semakin cepat Anda
mengidentifikasi hambatan-hambatan tersebut, semakin cepat Anda mencapai
sasaran tersebut. Setelah Anda mengidentifikasi secara akurat, fokuskan waktu,
energi dan pikiran Anda dalam hal tersebut. Lampaui hambatan tersebut dengan
segera.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas setidaknya setiap enam bulan sekali, atau tiga bulan sekali, dan lakukan kegiatannya. Bisa dipastikan perkembangan bisnis Anda akan berkembang secara exponensial.
Sumber: Kaskus[dot]com